Politik Dunia 2 - 27/09/2015

Perang Israel - Palestina 1920 - oo

Tahun 1897, Kongres Zionis Pertama diselenggarakan.
2 November 1917. Inggris mencanangkan Deklarasi Balfour, yang dipandang pihak Yahudi dan Arab sebagai janji untuk mendirikan ”tanah air” bagi kaum Yahudi di Palestina.
1920-1948: Mandat Britania atas Palestina

Revolusi Arab 1936-1939.
Revolusi Arab dipimpin Amin Al-Husseini. Tak kurang dari 5.000 warga Arab terbunuh. Sebagian besar oleh Inggris. Ratusan orang Yahudi juga tewas. Husseini terbang ke Irak, kemudian ke wilayah Jerman, yang ketika itu dalam pemerintahan Nazi.

1947 Rencana Pembagian Wilayah oleh PBB
14 Mei 1948 Deklarasi Pembentukan Negara Israel
Secara sepihak Israel mengumumkan diri sebagai negara Yahudi. Lalu Inggris hengkang dari Palestina. Mesir, Suriah, Irak, Libanon, Yordania, dan Arab Saudi menabuh genderang perang melawan Israel.

3 April 1949. Israel dan Arab bersepakat melakukan gencatan senjata. Israel mendapat kelebihan wilayah 50 persen lebih banyak dari yang diputuskan dalam Rencana Pemisahan PBB.

* Perang Suez 1956
* Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) resmi berdiri pada Mei 1964.
* Perang Enam Hari 1967
* Resolusi Khartoum
* Pendudukan Jalur Gaza oleh Mesir
* Pendudukan Tepi Barat dan Yerusalem Timur oleh Yordan
* 1967-1993 Perjanjian Nasional Palestina dibuat pada 1968, Palestina secara resmi menuntut pembekuan Israel.
* 1970 War of Attrition
* Perang Yom Kippur 1973
* Kesepakatan Damai Mesir-Israel di Camp David 1978
* Perang Lebanon 1982
* Intifada pertama (1987 - 1991)
* Perang Teluk 1990/1
* 1993-2000: Proses perdamaian Oslo
* 2000-sekarang: Intifada al-Aqsa

* KTT Camp David 2000 antara Palestina dan Israel
* Maret-April 2002 Israel membangun Tembok Pertahanan di Tepi Barat dan diiringi rangkaian serangan bunuh diri Palestina.
* Juli 2004 Mahkamah Internasional menetapkan pembangunan batas pertahanan menyalahi hukum internasional dan Israel harus merobohkannya.
* 9 Januari 2005 Mahmud Abbas, dari Fatah, terpilih sebagai Presiden Otoritas Palestina. Ia menggantikan Yasser Arafat yang wafat pada 11 November 2004
* Juni 2005 Mahmud Abbas dan Ariel Sharon bertemu di Yerusalem. Abbas mengulur jadwal pemilu karena khawatir Hamas akan menang.
* Agustus 2005 Israel hengkang dari permukiman Gaza dan empat wilayah permukiman di Tepi Barat.
* Januari 2006 Hamas memenangkan kursi Dewan Legislatif, menyudahi dominasi Fatah selama 40 tahun.
* Januari-Juli 2008 Ketegangan meningkat di Gaza. Israel memutus suplai listrik dan gas. Dunia menuding Hamas tak berhasil mengendalikan tindak kekerasan. PM Palestina Ismail Haniyeh berkeras pihaknya tak akan tunduk.
* November 2008 Hamas batal ikut serta dalam pertemuan unifikasi Palestina yang diadakan di Kairo, Mesir. Serangan roket kecil berjatuhan di wilayah Israel.
* Serangan Israel ke Gaza dimulai 26 Desember 2008. Israel melancarkan Operasi Oferet Yetsuka, yang dilanjutkan dengan serangan udara ke pusat-pusat operasi Hamas. Korban dari warga sipil berjatuhan.
* Mei 2010 Israel mem-blokede seluruh jalur bantuan menuju palestina
* 30 Mei 2010 Tentara Israel Menembaki kapal bantuan Mavi Marmara yang membawa ratusan Relawan dan belasan ton bantuan untuk palestina

# Perang ini masih berlanjut (dapat memberi kontribusi untuk perang dunia)

Perang Pakistan - India 1947 - oo

Perang dan Konflik India-Pakistan merupakan perang-perang dan konflik-konflik yang terjadi antara India dan Pakistan, sejak pemisahan India pada Agustus 1947. Terdapat tiga perang utama dan satu perang kecil antara kedua negara, serta beberapa perkelahian dan pertikaian di perbatasan.

Perang India-Pakistan 1947: Pakistan merebut 1/3 Kashmir (Pakistan mengklaim Kashmir sebagai wilayahnya) dengan bantuan Pashtun. Hindu dan Sikhs dihilangkan dari Kashmir Pakistan. India membalas dengan mengirim pasukan ke Gurdaspur.
Perang India-Pakistan 1965: Pasukan Pakistan berusaha memasuki teritori Kashmir India untuk memicu pemberontakan oleh Kashmir. Rencana ini gagal dan penyusup dapat ditemukan, sehingga India membalas hal ini. Perang ini diakhiri dengan gencatan senjata, dan India dapat merebut sedikit teritori Pakistan.
Perang India-Pakistan 1971: Bangladesh meminta kemerdekaan dari Pakistan. Tentara Pakistan melakukan pembunuhan dan pemerkosaan besar di Bangladesh dan genoside penduduk Bengali. Jutaan pengungsi pindah ke India. India membantu Mukti-Bahini Bangladesh dan menaklukan Pakistan, sehingga Bangladesh merdeka dan Pakistan menyerah seluruhnya.
Perang India-Pakistan 1999, juga disebut "Perang Kargil": Tentara Pakistan dan beberapa pemberontak Kashmir merebut pos tentara India. India membalas dan merebut kembali pos itu. Tekanan internasional terhadap Pakistan membuatnya mundur. Perang berakhir dengan India merebut Kargil dan isolasi diplomatik Pakistan.

# Perang ini masih berlanjut secara demografi (dapat memberi kontribusi untuk perang dunia)


Perang Korea Utara - Korea Selatan 1950 - oo

Perang Korea adalah sebuah konflik antara Korea Utara dan Korea Selatan yang terjadi sejak 25 Juni 1950 sampai 27 Juli 1953. Perang ini adalah proxy war antara Liberal / Blok barat dengan Amerika-nya dengan komunis / Blok timur dengan Republik Rakyat Tiongkok & Rusia.

Peserta perang utama adalah Korea Utara dan Korea Selatan. Sekutu utama Korea Selatan adalah Amerika Serikat, Kanada, Australia, dan Britania Raya

Sekutu Korea Utara, seperti Republik Rakyat Tiongkok menyediakan kekuatan militer, sementara Uni Soviet yang menyediakan penasihat perang, pilot pesawat, dan juga persenjataan untuk pasukan Tiongkok dan Korea Utara.

Perang ini secara de Facto masih tetap berlanjut namun masih diselingi dengan gencatans senjata

#Proxy War
# Perang ini masih berlanjut secara defacto (dapat memberi kontribusi untuk perang dunia)

Perang Suriah 2011 - oo

Pada tahun 2011 terjadi nya demonstrasi besar-besaran terhadap pemerintahan Suriah (Bashar Al-Asad) yang dituntut untuk mundur dari pemerintahan, dikarenakan kondisi ekonomi dan politik yang semakin semerawut. Dapat diketahui populasi di Suriah mayoritas adalah Islam Sunni, namun pemerintahan dipegang oleh Syiah.

Bukannya mundur namun yang terjadi adalah pembunuhan besar-besaran / genocida terhadap demonstran yang mayoritas adalah Sunni, setelah pembunuhan besar-besaran hal ini menyulut konflik yang berkepanjangan hingga saat ini.

Banyak dari suku-suku yang membuat panji-panji perang, hingga berita terakhir bersatunya panji-panji islam menjadi 1 panji / aliansi besar bernama "Jaysul Fath" demi menggulingkan pemerintahan Syiah. Selain pejuang Islam terdapat juga pejuang yang didukung oleh blok barat dengan Amerikanya yang mempunyai tujuan menggulingkan Bashar Al-Asad juga.

Perang ini ditunggangi oleh blok timur dan blok barat, dan dapat disebut sebagai proxy war antara 2 pengaruh kubu yang besar dunia saat ini. Berita terakhir terjadinya exodus besar-besaran pengungsi Suriah ke daratan Eropa dan masuknya pasukan Rusia untuk mengokohkan pemerintahan Bashar Al-Asad, serta berdirinya Negara Islam Irak-Suriah (ISIS)

# Proxy war
# Perang ini masih berlanjut (dapat memberi kontribusi untuk perang dunia)

Konflik Ukraina 2014 - oo

Konflik ini bisa disebut dengan perang ukraina atau perang krimea atau perang donbass. Sebelumnya pergerakan serangkaian unjuk rasa berhasil menjatuhkan pemerintahan Viktor Yanukovych yang pro-Rusia. Lalu Maret 2014 demonstrasi oleh kelompok pro-Rusia dan anti-pemerintah yang baru pecah di Oblast Donetsk dan Lugansk.
Demonstrasi tersebut kemudian berubah menjadi konflik bersenjata antara pasukan separatis yang pro-Rusia  melawan tentara pemerintah Ukraina yang baru.

Sebenarnya perang ini terjadi akibat perang ideologi dan perang pengaruh antara Amerika dan Rusia. Pemerintahan Ukraina yang menjadi bagian dari Rusia dapat digulingkan oleh serangkaian unjuk rasa. Hingga saat ini perang masih berlanjut terakhir pada Februari 2015 terjadi gencatan senjata, namun tidak mempengaruhi intensitas peperangan yang ada.

Pemerintahan Ukraina sekarang didukung oleh Amerika. Namun Rusia dengan bersungguh-sungguh tetap akan mengambil alih pemerintahan Ukraina dengan mengirimkan senjata-senjata Rusia dan pasukannya kepada Sepataratis Pro Rusia. Karena Ukraina / Krimea adalah tembok akhir Rusia menghadap ke Eropa.

# Proxy war
# Perang ini masih berlanjut (dapat memberi kontribusi untuk perang dunia)





Related Posts:

0 Response to "Politik Dunia 2 - 27/09/2015"

Posting Komentar