Sistem Perekrutan & Penggajian PNS

SISTEM PEREKRUTAN DAN PENGGAJIAN

PEGAWAI NEGERI SIPIL




Pada tulisan blog kali ini, saya akan menerangkan bagaimana suatu sistem perekrutan untuk pegawai negeri sipil itu berjalan, dan selanjutnya bagaimana sistem penggajian untuk pegawai negeri sipil itu berjalan, saya mendapatkan beberapa informasi tentang perekrutan ini dari Om saya yang juga seorang PNS di Badan Kepegawaian Negara.
Saya akan menjelaskan 2 rangkaian bahasan, yang pertama adalah SISTEM PEREKRUTAN PNS dan yang ke dua adalah SISTEM PENGGAJIAN PNS, sebelumnya saya akan membahas sedikit tentang teori dasar dari apa-apa yang akan saya jelaskan pada 2 bahasan diatas.

TEORI DASAR

1. Sistem
Sistem adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi untuk mencapai suatu tujuan. Istilah ini sering dipergunakan untuk menggambarkan suatu set entitas yang berinteraksi, di mana suatu model matematika seringkali bisa dibuat.
Dikutip dari : http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem

2. Perekrutan
Perekrutan atau Rekrutmen adalah proses menarik, dan memilih orang yang memenuhi syarat pekerjaan. Semua perusahaan dalam industri apa pun bisa mendapatkan keuntungan dari kontingensi atau mempertahankan perekrut profesional atau proses alih daya untuk agen perekrutan.
Dikutip dari :  http://id.wikipedia.org/wiki/Perekrutan

3. Gaji
Gaji adalah salah satu hal yang penting bagi setiap karyawan yang bekerja dalam suatu perusahaan, karena dengan gaji yang diperoleh seseorang dapat memenuhi kebutuhan hidupnya.
Dikutip dari : http://jurnal-sdm.blogspot.com/2009/05/gaji-definisi-peranan-fungsi-dan-tujuan.html

4. Pegawai Negeri
Pegawai negeri adalah pegawai yang telah memenuhi syarat yang ditentukan, diangkat oleh pejabat yang berwenang dan diserahi tugas dalam suatu jabatan negeri, atau diserahi tugas negara lainnya, dan digaji berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Dikutip dari : http://id.wikipedia.org/wiki/Pegawai_negeri_sipil

5. Administrasi
Administrasi adalah usaha dan kegiatan yang berkenaan dengan penyelenggaraan kebijaksanaan untuk mencapai tujuan
Dikutip dari : http://id.wikipedia.org/wiki/Administrasi

6. Tes Tertulis
Tes tulis adalah tes diaman soal dan jawaban yang diberikan kepada siswa dalam bentuk bahan tulisan.
Dikutip dari : http://ayahalby.wordpress.com/2011/02/22/tes-tertulis/


I. SISTEM PEREKRUTAN

Berikut adalah Flowchart dari Sistem Perekrutan Pegawai Negeri Sipil
Gambar 1. Alur Diagram Perekrutan Pegawai Negeri Sipil


  1. Dari alur diagram diatas (flowchart) diketahui, sebelum menjadi seorang PNS, seseorang akan mendapatkan inisial awal bernama CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil). Awal seseorang dikatakan sebagai CPNS, ketika seseorang tersebut mengambil dan mengirimkan formulis pendaftaran untuk melalui tes Administrasi
  2. Ketika formulis masuk ke bagian Administrasi, CPNS akan difilter berasarkan pendidikan, pengalaman, serta nilai-nilai lainnya seperti umur dan domisili. Ketika tahap Administrasi telah dilalui maka tahap tes tertulis akan dilakukan.
  3. Sebelum tes tertulis dilakukan, akan ada informasi terkait CPNS mana saja yang lewat dari tahapan Administrasi, selanjutnya adalah tes tertulis, tes tertulis ini mencakup tes psikologis, dan umum seperti pelajaran umum. Nilai akan keluar dan akan memfilter CPNS mana saja yang lolos dan akan mengikuti tahap selanjutnya. Yaitu tahap wawancara.
  4. Pada tahap wawancara CPNS akan dipanggil langsung untuk menghadap bagian tertentu yang akan mengurus tes ini, tes wawancara adalah tes lisan untuk mengetahui kepribadian seorang yang akan dites, biasanya tes wawancara akan berhadapan oleh bagian HRD ataupun seorang Psikolog.
  5. Ketika tes ini lulus, maka akan ada pengumuman selanjutnya,  yaitu pengumuman kelulusan dan menjadi bagian dari PNS secara resmi, dan akan dilakukan pelantikan seperti sumpah jabatan dan lain-lain

II. SISTEM PENGGAJIAN
Sistem penggajian yang dilakukan pada kepagawaian di negeri sipil ini berbeda dengan sistem penggajian perusahaan lain pada umumnya (swasta) karena sistem penggajian yang ada pada pemerintahan menganut sistem penggajian tabulasi (menggunakan tabel golongan) dan sedikit tambahan seperti tunjangan kesehatan, keluarga, anak, dan lain-lain.
Dibawah ini adalah data tabel berupa nilai gaji PNS tiap golongan pada tahun 2013.

Gamber 2. Tabel Gaji Pegawai Negeri Sipil 2013

Berikut kesimpulan sederhana dari tabel tersebut dalam alur diagramnya


Gambar 3. Alur Diagram Sistem Penggajian PNS

Jadi diketahui, untuk sistem penggajian pegawai negeri sipil itu berbeda-beda satu sama lainnya, apalagi pda tiap provinsi terdapat kebijakan tertentu dalam penggajiannya juga, secara umum PNS digaji berdsarkann golongan yang ada pada tabel dan ditetapkan tiap tahunnya.


Referensi: http://hukum.unsrat.ac.id/inst/bkn_26_01.pdf

Related Posts:

0 Response to "Sistem Perekrutan & Penggajian PNS"

Posting Komentar